Karakter CMO dalam bekerja pada dasarnya merupakan sekumpulan kebiasaan dan perilaku unik para marketer yang banyak berurusan dengan segala jenis kepribadian orang. Selain dengan rekan kerja internal kantor,CMO lebih banyak bergaul dan berkomunikasi dengan pihak dealer dan customer. Cara berkomunikasi antara dealer yang sering berurusan dengan sales dan supervisornya dan customer dengan urusan surveynya tentu berbeda berdasarkan kepentingannya masing-masing. Dalam istilah psikologi karakter atau kepribadian CMO dibedakan menjadi 4 macam yaitu:
1. Populer Sanguine ( ekstrovert-pembicara-optimis)
2. Powerfull Choleric (extrovert – pelaku – optimis )
3. Perfect Melancholly ( introvert – pemikir – pesimis )
4. Peacefull Phlegmatic ( introvert – pengamat – pesimis )
Pembedaan empat kategori diatas tidak berarti setiap jenisnya mutlak terjadi pada setiap orang, terkadang karakter itu bercampur antara 2 kategori pada setiap orang tergantung pengalaman berinteraksi dan perkembangan mentalnya. Pembagian dan pengelompokan kepribadian itu juga bukan berarti untuk mencap atau memberi stigma atau julukan permanen pada setiap orang. Karena ilmu pengenalan perilaku ini berfungsi sebagai acuan atau panduan untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan mereka. Di satu sisi kategori itu sebagai identifikasi kekuatan dan kelemahan kita untuk belajar, di sisi lain juga untuk mengenali calon lawan bicara kita dan perkembangan mentalnya.
Pertama,populer sanguin. Mereka adalah orang-orang yang selalu terdepan dalam hal memotivasi, pengobar semangat paling dominan, mereka orator ulung yang pandai menempatkan diri dalam segala situasi. CMO yang berperilaku kategori ini sering lupa dengan janjinya, terlalu banyak berbicara, mementingkan kepentingan diri sendiri, terlalu meremehkan urusan, dan melupakan teman. Namun begitu kelebihan tipe sanguin ini antara lain orangnya selalu ceria,pembawa suasana jadi lebih hidup,antusias terhadap sesuatu, komunikatif dalam berbicara dan banyak disukai teman-teman mereka. Tipe sanguin yang populer secara riil tidak banyak ditemui dalam arti mutlak. Mereka biasanya dalam skala pertemanan lebih bersifat orang yang humoris meskipun terkadang naif dan jahil, mereka diakui mudah beradaptasi dan menjadi pusat perhatian semua orang.
Strategi perlakuan untuk karakter dominan sanguin adalah selalu mengingatkan pada suatu janji, tugas dan rencananya ketika membicarakan suatu proyek atau kegiatan, yang terpenting tipe sanguin butuh pujian tulus, penghargaan atas prestasi, pengalaman dan harapan-harapannya, saran terbaik untuk tipe sanguin adala jadilah pendengar terbaik yang siap menampung seluruh curahan isi hatinya. Hal itu sudah cukup membahagiakan dan menentramkan hatinya dibanding berdebat atau mengacuhkan perhatiannya. Kedua, powerfull choleric. Tipe kepribadian choleric lebih kuat dan dominan dibanding sanguin yang hanya pembicara atau pemberi saran.
Karakter choleric lebih tegas dan jiwa kepemimpinannya lebih kuat dibanding sanguin. Sikap yang lebih mandiri dan bebas secara intelektual membuat karakter choleric memancarkan keyakinan dan kemauan kuat untuk membawa teman-temannya lebih percaya padanya,selain faktor kontrol dan wewenangnya yang lebih baik dibanding rata-rata orang lain. Tipe choleric adalah tipikal orang yang pekerja keras, meskipun begitu karena dominasinya terhadap orang lain menyebabkan mareka mudah menyamaratakan persepsi orang dengan dirinya dan terkadang sikapnya tidak populer dari orang kebanyakan.
Kiat untuk menghadapi tipe CMO yang cenerung powerful choleric adalah selalu berbicara secara singkat, padat dan to the point pada pokok pembahasan masalah, selalu berbicara secara dialogis atau komunikasi 2 arah yang seimbang dan positive thinking. Sifat yang lebih banyak berbicara tentang solusi daripada penjabaran masalah dan alternatif-alternatif kemungkinan problem lain yang bakal muncul bukan fokus pembicaraannya. Alih-alih saling memahami pendapat dan pandangan orang lain seksama, tipe choleric selalu fokus pada penyelesaian masalah secara cermat, segera dan konkret.
No comments:
Post a Comment