Thursday, March 26, 2015

BELAJAR DARI SALES SENIOR



 sumber gambar:sudhirsgosavi.devianart.com


"Benar bahwa orang yang bekerja dalam dunia sales marketing memiliki semangat tinggi untuk mengejar target, bekerja dalam berbagai tekanan dan desakan sosial ekonomi yang semakin  keras tetapi pada akhirnya akan menghasilkan kehidupan yang lunak"



       Menikmati seribu kemungkinan dan ketidakpastian hasil adalah pelajaran baru dari dunia sales marketing kartu kredit. Dikatakan pelajaran baru sebenarnya karena medan pekerjaan yang tidak pasti, tidak menentu, harus mencari dimana celah rizki dapat ditemukan. Seorang sales senior yang bertahun-tahun menggantungkan nafkah keluarganya pada pekerjaan penuh tantangan ini telah mengajarkan kepada penulis tentang sikap positif, terbuka terhadap kondisi apapun, tanggung jawab pribadi dan kemauan keras untuk mewujudkan keinginan kita. Kondisi sakitpun jika dapat ditolerir akan diacuhkan demi sebuah pencapaian dan target pekerjaan sekaligus standar survive hidup secara finansial tercukupi. Sikap positif untuk tidak gampang menyerah, pikiran yang tidak terbatas selalu mencari dan mencari sumber rizki yang tersebar di seluruh semesta.
      Penulis tidak bisa membayangkan seorang sales senior yang penuh prestasi gemilang itu memiliki sikap diri yang rendah, tidak memiliki tekad yang kuat serta karakter yang tangguh dalam mencari nasabah sebagai prasyarat mental dan psikologis  menjalani profesinya. Keluarganya akan banyak terbengkalai, secara ekonomi tidak tercukupi kebutuhannya bahkan akan berantakan yang berakibat pada hilangnya generasi penerus keturunannya. Benar bahwa orang yang bekerja dalam dunia sales marketing memiliki semangat tinggi untuk mengejar target, bekerja dalam berbagai tekanan dan desakan sosial ekonomi yang semakin  keras tetapi pada akhirnya akan menghasilkan kehidupan yang lunak, bahkan membahagiakan karena gaji dan insentif besar sudah di tangan. Mungkin itu kenikmatan sekaligus imbalan bagi orang yang berusaha secara maksimal setimpal dengan usaha dan kerja kerasnya.
      Lalu apakah sepanjang hidupnya akan menggantungkan seluruh tanggung jawab nafkah pada profesi yang tanpa jaminan finansial, kepastian gaji yang menopang kebutuhan keluarganya atau benarkah profesi ini dapat dijadikan gantungan hidup yang menjanjikan bagi masa depan kita ?. diluar dugaan jawaban seorang sales senior itu cukup mengejutkan pikiran bawah sadar penulis dan tidak bisa disangka cukup menohok penulis, ” tidak, bukan disini tempat mencari kehidupan yang mapan atau pekerjaan yang menjadi gantungan hidup, semua  saya lakukan karena tanggung jawab keluarga dan candu profesi yang tetap memberi rasa aman sementara daripada profesi lain”.
     Dalam pikiran bawah sadar, sales senior itu merasakan pekerjaan yang dijalani selama bertahun-tahun itu bukan pekerjaan yang memberi rasa aman, kepastian hidup yang menjamin nafkah keluarga dan memberi kehidupan yang bebas, kita tidak bisa hidup dalam ketidakpastian hasil dari usaha setiap hari yang dilakukan. Senior itu tidak tahu sampai kapan harus bertahan dalam profesi pekerja lapangan dunia perbankan yang tidak menentu itu, berpindah pada profesi lain yang lebih menjanjikan dan menjamin ekonominya kelak ketika masa tua sudah menjelang. Ibarat candu, profesi sales marketing jika ditekuni dan dijalani dengan penuh perhatian, fokus, serius dan tahan banting akan menciptakan candu marketing (suatu perasaan ketagihan pada dunia marketing dan sales). Meskipun menghadapi banyak masalah, tantangan dan hambatan baik dari luar seperti penolakan, perlakuan negatif dan kasar dari nasabah dan sekian kemungkinan buruk seperti keecelakaan, kondisi hujan, macet dan seribu musibah yang bakal menimpa dalam pekerjaannya.
       Penulis telah banyak belajar makna hidup pada seorang sales senior tentang arti sikap positif, karakter tangguh, pikiran tak terbatas untuk bekerja dan berkarya, daya juang yang harus tinggi tidak mudah mengeluh dan menyerah pada kondisi apapun, pada intinya sikap juara atau pemenang dalam menjalani profesi sales mutlak diperlukan agar dapat survive bahkan berprestasi seperti senior tersebut yang tercatat setiap bulannya mendapat nasabah diatas 18 orang yang berarti gajinya mencapai 4 – 5 juta telah memberi penghidupan keluarganya selama 4 tahun ini. Sungguh kepuasan batin yang tiada harganya ketika usaha kita membuahkan hasil yang besar, memberi makna dan memberi separuh hidup yang harus dijalani.
      Profesi sales marketing merupakan bekal ilmu yang secara filosofis berguna untuk pembentukan karakter seseorang. Pada kenyataannya, profesi yang penuh tantangan ini justru banyak orang yang meninggalkan karena tidak kuat dengan ritme kerjanya bahkan tidak diterima oleh sebagian besar masyarakat penganggur karena tekanan yang keras dalam bekerja. Padahal secara filosofis,pekerjaan ini sesuai dengan karakter manusia yang selalu belajar dan dinamis dalam hidup tidak hanya itu profesi sales juga menawarkan peluang tak terbatas; hasil yang besar, menggiurkan dan menjanjikkan apabila mencapai sukses secara beruntun. Manusia sejati adalah manusia yang selalu belajar, hidup dengan penuh kualitas dan manfaat sosial bagi orang lain. Manusia tidak boleh stagnan, mapan dan matang dalam arti statis dalam kurun lama tetapi dia harus bertumbuh, berkembang, memenuhi hidup yang berisi ilmu dan pengalaman semakin meningkat dan maju sesuai standar hidup yang semakin naik dan meningkat juga.


No comments:

Post a Comment